Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Sutera Emas

Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Kabupaten Tulungagung kembali melakukan terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat di Tulungagung tercinta ini. Kali ini bertempat di Hotel Narita Tulungagung, pada Selasa, 11 September 2012 digelar Pelatihan Aplikasi Program Sutera Emas yang pesertanya terdiri dari Kepala Desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Bidan Desa, 5 orang Kader Kesehatan Desa dari 6 Desa terpilih. 6 Desa tersebut adalah Desa Bulus, Bantengan, Ngepeh dari Kecamatan Bandung serta Desa Bangunjaya, Gesikan dan Gempolan dari Kecamatan Pakel. Hadir juga dalam Pelatihan ini Kepala Puskesmas dari Puskesmas Bandung dan Pakel.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan lapangan APPI Tulungagung ke Puskesmas Kepanjen, Malang. Dimana pada puskesmas tersebut sudah dilaksanakan kegiatan “Surveilans Terpadu Berbasis Masyarakat (Sutera Emas)”. Mengacu pada kegiatan tersebut dilaksanakan Pelatihan ini disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada di wilayah Tulungagung.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah supaya masyarakat dalam hal ini kader kesehatan dapat memahami indikator-indikator permasalahan kesehatan yang wajib dilaporkan segera melalui fasilitas pesan singkat (SMS). Diharapkan kader paham betul dengan indikator permasalahan gizi masyarakat, permasalah kesehatan ibu dan anak (KIA) serta permasalahan penyakit potensial kejadian luar biasa (KLB) di sekitar wilayahnya.

Sebagai langkah awal, dipilih 6 Desa dari 2 Kecamatan (masing-masing 3 desa) sebagaimana tersebut diatas. Dari 6 desa ini diharapkan sebagai stimulan bagi desa-desa lainnya di seluruh Kabupaten Tulungagung. Untuk kelancaran kegiatan ini, nantinya masing-masing desa akan mendapatkan dana operasional dan bantuan pulsa sebesar 2 kali Rp. 250.000,-

Kegiatan yang bersumber dana dari APPI Pusat dan didukung oleh Kementerian Kesehatan RI ini sedianya diisi oleh Narasumber dari APPI Propinsi dan APPI Tulungagung. Pelatihan dijadwalkan selesai pada pukul 16.00 wib. (afs/dinkes).

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>