Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Tingkatkan pemahaman akan pentingnya ASI dengan Seminar Laktasi

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi pada anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. ASI merupakan asupan yang paling cocok bagi bayi disamping dari nilai nutrisinya juga dari keamanan bagi organ pencernaan bayi.

Sehubungan dengan hal diatas maka bertempat di Pendopo Kabupaten Tulungagung “Kongas Arum Kusumaning Bongso” pada Selasa, 4 Juni 2013 diselenggarakan Seminar Laktasi (Pencanangan Gerakan Persalinan Aman, Inisiasi Menyusu Dini dan Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif).

Kadinkes menandatangani Janji Perbaikan Layanan

Acara yang diselenggarakan berkat kerjasama USAID – Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung – Bappeda dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulungagung dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari Tim Penggerak PKK se Kabupaten Tulungagung, Organisasi Muslimat Kabupaten dan Aisyiyah Kecamatan, Perwakilan Organisasi Perempuan, Kepala Puskesmas se Kabupaten Tulungagung, Bidan Koordinator se Kabupaten Tulungagung, Camat dari 3 kecamatan terkait (Kauman, Boyolangu dan Ngunut), Tokoh Agama dan Masyarakat, Pengusaha, Perwakilan dari SKPD se Kabupaten Tulungagung dan LSM Peduli Ibu dan Anak.

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberikan edukasi kepada kelompok masyarakat yang strategis untuk melakukan gerakan sosialisasi, advokasi dan komunikasi berkaitan dengan persalinan aman, IMD dan ASI Eksklusif di seluruh Kabupaten Tulungagung.

Diharapkan dengan dilaksanakannya acara ini bisa terbangun pemahaman di masyarakat tentang pentingnya IMD dan ASI Eksklusif dari tinjauan medis, agama dan ekonomi. Kemudian terwujudnya pemahaman berkaitan dengan ketrampilan, sikap dan perilaku yang harus dikembangkan di masyarakat untuk mendorong peningkatan persalinan aman, IMD dan ASI Eksklusif. Serta adanya komitmen semua pihak untuk memberikan dukungan yang optimal dalam memasyarakatkan persalinan aman, IMD dan ASI Eksklusif dari dukungan sosialisasi, peningkatan ketrampilan, penegakan hukum dan penyedia sarana.

Dalam acara ini menghadirkan Narasumber dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya, Dr. dr. Sri Adiningsih, MS, MCN serta dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Surabaya, kemudian juga pembicara dari Dinas Kesehatan dan LPA Tulungagung. Disampaikan beberapa materi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya IMD dan ASI Eksklusif serta upaya peningkatan persalinan aman.

Peserta seminar Laktasi

Pada kesempatan ini pula, Bapak Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, SE secara simbolis meresmikan Pojok Laktasi yang berada di Kantor Pemkab Tulungagung dan Puskesmas Ngunut. Total ada 15 lokasi Pojok Laktasi yang tersebar di beberapa kantor instansi seluruh Kabupaten Tulungagung. Dana juga dilakukan penandatanganan Janji Perbaikan Layanan di 3 Puskesmas (Beji, Kauman dan Ngunut) oleh Bapak Bupati Tulungagung, Kepala Dinas Kesehatan, Camat terkait, dan Kepala Puskesmas terkait. Janji layanan ini dilaksanakan sehubungan dengan survei dari LPA Tulungagung terhadap masyarakat pengguna layanan Puskesmas tersebut diatas yang merasa pelayanan ketiga puskesmas tersebut kurang memuaskan. Serta dilakukan penyematan pin “Ibu pendukung ASI Esklusif” secara simbolis kepada perwakilan Ibu Menyusui di lingkup pemerintahan Kabupaten Tulungagung oleh Ibu Bupati Tulungagung, Ny. Syahri Mulyo. (afs/dinkes)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>