SIAP SUKSESKAN VAKSINASI COVID-19

Galeri Satgas Covid-19

Calendar

November 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Warga Pulotondo manfaatkan TOGA untuk kesejahteraan keluarga

Dari agenda kunjungan Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK dari Provinsi Jawa Timur di Desa Pulotondo, Kecamatan Ngunut pada Selasa (11/11/2014) yang lalu diketahui bahwa Desa Pulotondo telah berhasil membudidayakan tanaman obat keluarga (TOGA) dan dimanfaatkan sebagai jamu untuk pengobatan tradisional, dan bahkan makanan dan minuman.

Hal ini tak lepas dari peran serta Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung yang sudah melakukan pembinaan dan pelatihan sejak tahun 2012. Dari pelatihan tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan desa percontohan TOGA di setiap kecamatan di Kabupaten Tulungagung dengan pembudidayaan 10 jenis tanaman obat keluarga dan salah satunya yang menonjol adalah Desa Pulotondo ini.

Tim Penilai dari Provinsi sedang berbincang dengan Ketua TP-PKK Kabupaten

Tim Penilai dari Provinsi sedang berbincang dengan Ketua TP-PKK Kabupaten

Bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Ngunut, warga Desa Pulotondo membentuk kelompok pemanfaatan TOGA yang beranggotakan Kader TOGA Desa Pulotondo dan masyarakat. Selain itu juga dibentuk kelompok-kelompok budidaya TOGA sampai ke tingkat dasawisma. Kelompok tersebut melakukan pendataan TOGA yang dimiliki tiap-tiap rumah dan pemanfaatan hasilnya.

Potensi terbesar di Desa Pulotondo adalah budidaya dan pemanfaatan Jeruk Purut. Hampir 35% masyarakat desa ini menggantungkan hidupnya pada komoditas tersebut. Budidaya jeruk purut bisa panen hingga 2 kali dalam setahun. Daun jeruk purut bisa dijual langsung ke pengepul atau juga bisa diolah menjadi produk pangan seperti serbuk daun jeruk purut, campuran minuman hangat dan makanan.

Tidak hanya itu, batang pohon jeruk purut juga bisa diolah menjadi minyak atsiri melalui proses penyulingan. Desa Pulotondo sudah memiliki usaha penyulingan batang jeruk purut dan telah menjalin kerjasama dengan perusahaan besar yang siap menampung minyak atsiri ini. Dari usaha yang dirintis oleh Bapak Masrowi ini berhasil menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar Desa Pulotondo.

Harapannya, setelah Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK melihat langsung kondisi langsung di lapangan dan setelah melakukan evaluasi dan penilaian, Desa Pulotondo bisa mendapatkan nilai yang terbaik dan semoga bisa menjadi wakil Provinsi Jawa Timur di lomba tingkat Nasional. (afs/dinkes)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>